GONG PERDAMAIAN DUNIA, DIPRAKARSAI PRIA ASAL JEPARA

Iwhan Miftakhudin – Jepara Di Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, terpasang replika Gong Perdamaian Dunia, Gong Perdamaian Asia Afrika, dan Gong Perdamaian Nusantara.


Gong tersebut juga terpasang di 46 negara di seluruh benua.
Gong Perdamaian Dunia, pertama kali dipasang di Bali, usai peristiwa ledakan bom tahun 2002 silam, dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.


Gong Perdamaian Dunia diprakarsai oleh Djuyoto Suntani, pria kelahiran Desa Plajan.
Menurutnya, seluruh umat manusia adalah saudara. Tinggal di bumi yang sama, minum dari air yang sama, dan menghirup udara yang sama.


Namun kenyataannya, persamaan yang dimiliki tidak membuat manusia hidup dalam perdamaian.


Djuyoyo yakin, keberadaan Gong Perdamaian Dunia dapat melahirkan peradaban baru bagi umat manusia yang santun, damai, dan bersaudara.


Rencananya, Gong Perdamaian Dunia akan dipasang di 202 negara.
Museum Gong Perdamaian Dunia, kini telah diresmikan Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, sebagai salah satu obyek wisata andalan Jawa Tengah.


Di tempat ini juga dibangun situs pusat bumi, dimana di dalam bangunan tersebut diambilkan tanah dari 202 negara yang ada di dunia. (Thomas)

© Copyright 2011 Kompas TV- PT TELEVISI SEMARANG INDONESIA Gedung SCJ Lt. 5-6, Jl. H. Agus Salim, Semarang, Jawa Tengah Telp: (024) 3558999/3515333